Stupid Is As Stupid Does

Tuesday, February 07, 2006

Musim Salju di Sapporo

Kota Sapporo tak cuma dikenal dengan mie ramen dan bir-nya yang lezat. Tapi juga festival salju spektakuler yang digelar mulai awal bulan ini. Lebih dari 300 pahatan salju dan es yang mengundang decak kagum, di pamerkan di venue Festival Salju Sapporo ke-57 itu.

Selama 6-12 Februari mendatang, kota ini akan didatangi sekitar 2.2 juta orang, yang secara khusus datang untuk melihat festival tersebut. Patung-patung berbagai bentuk, memendarkan warna-warni cantik yang memanjakan mata sepanjang Odori Park. Taman tersebut berada di tengah-tengah kota, diapit gedung-gedung bertingkat.

Sebagai salah satu kota termuda di Jepang, kemajuan Saporro begitu pesat. Lebih dari satu abad lalu (1857), populasi Saporro ”cuma” tujuh orang. Sekarang, kota metropolitan di Hokkaido ini menduduki kota terbesar kelima di Jepang.

Kata Saporro memiliki arti jamak. Dari bahasa Ainu, artinya ”daratan kering luas”. Sementara bila diterjemahkan dari sariporobetsu berarti "sungai di daratan luas penuh dengan alang-alang".






bandingkan pemandangan siang dan malam.




seorang turis memfoto ikan dan udang di dalam es. it looks really cool.



kuil Golden Pavilion of Horyuji, bela-belain bawa tripod. pasti nyari bukaan besar. warna birunya cantik banget sih.



Foto-foto : reuters/Kimimasa Mayama

1 Comments:

  • pantes kagak jawab shout box g,lo abis ke jepang ya? hehehe..btw,i mention something tuh about rizki hanggono,..baca di postingan ungu violet g yah,..okeh pak!

    By Blogger Bunda RaRa, At 1:27 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home