Stupid Is As Stupid Does

Wednesday, March 08, 2006

30D, The Next Pro Generation



Segala yang bersentuhan dengan digital, gak akan bertahan lama. Terutama berkaitan dengan fitur dan harga. Ini yang terjadi pada Canon EOS 20D, kamera profesional berharga cukup terjangkau yang dianggap sebagai senjata “standar” photo journalist saat ini.

Dengan 8.2 megapixels, dan tembakan mencapai 5 fps (frame per second), 20D is more than enough. But, like i said before, technology never stop to expand. So, dalam kurang dari dua tahun setelah dirilis, Canon bakal mengeluarkan versi improve dari 20D.

Namanya 30D. Gw sempat merasakan bodi prototipe-nya saat ngelihat pameran FOCUS di JCC semalem. Perbedaan utama yang terasa adalah soal redesigned body 30D yang lebih bongsor dan gemuk (sekilas mirip dengan EOS 5D, camera of the year 2005).

Pembengkakan bodi ini ternyata untuk mengakomodir 2.5 inchi LCD. Whoa! Nyaris dua kali lipat dari LCD 20D yang cuma 1.8 inchi. Sekedar perbandingan, layar sebesar itu hanya ditemukan di kamera profesional seperti EOS-1Ds, EOS-1Ds Mark II, dst yang harganya diatas 60 juta. Jelasnya, sangat nyaman digenggam, untuk pemilik jari besar sekalipun.

Selain melihat single image dan shooting information di layar LCD, kita juga dapat melihat hasil jepretan dengan pembesar sekitar 1.5x - 10x. Fitur lainnya yakni 9-image index, autoplay, image rotation, dan Jump (meloncat 10 hingga 100 images melalui tanggal). 30D mampu mengakomodir CF hingga 2GB.

Kabarnya, durabilitas shutter-nya sekitar 100,000-an, tidak 10,000 seperti kamera biasanya. Beberapa fitur baru lain antara lain :
• tombol shutter yang lebih soft
• faster startup (sekitar 0.15 detik dari mati atau mode sleep)
• tombol direct print (sebelumnya hanya ada pada digital pocket/prosumer saja)
• spot metering
• melihat ISO speed di view finder (cool!)
• 9,999 gambar per folder (20D hanya menampung 100 perfolder)
• pilihan 3 atau 5 fps countious shooting (di 20D settingan mati 5 fps).

Fitur sisanya kurang lebih sama dengan 20D. Yang gila, kata si penjual, 30D bakal dirilis dengan harga awal 20D, yakni ekitar 14 jutaan. Sementara sekarang harga 20D sudah menurun hingga 11 juta.

1 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home