Stupid Is As Stupid Does

Tuesday, April 04, 2006

Tukang Tambal "Nakal"

Berkendara motor di malam hari (diatas jam 10) memang berisiko. Selain risiko kejahatan/perampokan, udara malam cenderung tidak sehat, juga kesulitan mencari tukang tambal ban.

Soal yang terakhir, harus hati-hati. Karena belakangan ini ada Oknum Tukang Tambal Ban (OTTB) yang mencoba mengais rejeki dengan cara yang sangat slick (licik). Kemarin malam, gw mengalaminya sendiri di Jalan Fatmawati. Dengan sedikit pengamatan, gw lumayan bisa membaca modus mereka.

Begini, di jalanan tertentu (setahu gw di Mampang, Fatmawati, dan sebelum Citos) para OTTB itu menebar paku, ya paku kecil-kecil. Jaraknya lebih kurang sekitar 150-300 meteran sebelum lokasi tambal ban milik mereka berdiri. Kalau sudah malam, tak ada pilihan lain selain menembel di tempat mereka (rata-rata buka sampai pagi).

Cukup sampai situ? Tidak.

Setelah menembel, mereka biasanya akan berkata kalau lobang di ban dalam kita sudah terlalu lebar sehingga sudah tidak bisa ditambal. Kesimpulannya, kita harus ganti ban dalam baru. Tentu saja, pengendara akan protes, dan “ngeyel” untuk ditambal saja karena lebih murah.

Kalau sudah begitu, si OTTB tidak lagi membantah. Mereka pun “pura-pura” menambal. Kok? Ya, ternyata karet yang digunakan untuk menambal tak benar-benar dipanaskan dan melekat sempurna. Akibatnya, ban pun tetap ngowos (keluar angin)--Ini sudah gw buktikan sediri dengan mengecek tambalan ban gw yang bisa dikelupas dengan gampang--.

Dari situ, OTTB membuat pengendara tak punya pilihan lain selain mengganti ban lamanya. Disini posisi pengendara sangat lemah dan tidak punya kekuatan negosiasi. Didorong lagi oleh keinginan mereka untuk segera pulang dan mengecap tempat tidur.

Berapa harga bannya? Harga normal, sekitar 15-18 ribu. Tapi, oleh OTTB, dijual dengan kisaran 25-28 ribu. Dari sinilah mereka meraih untung. Kemarin, gw tidak sendiri. Tapi juga ada satu lagi pengendara yang mengalami kejadian serupa. Cara yang sangat cerdik bukan?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home